Welcome Comments Pictures

Selasa, 03 September 2019

RESENSI BUKU "MENGHIMPUN YANG BERSERAK (KUMPULAN KISAH SISWA CERDAS DARI SEORANG GURU PEMBELAJAR)"



IDENTITAS BUKU :
-         Judul buku resensi : Menghimpun yang berserak (Kumpulan Kisah Siswa Cerdas dari Seorang Guru Pembelajar)
-         Tahun Terbit : 2008
-         Penerbit : Murai Kencana
-         Penulis : Ukim Komarudin
-         Jumlah Halaman : 148 hlm


SINOPSIS BUKU :
Buku ini menceritakan tentang kisah-kisah nyata yang dialami oleh si pengarang tersebut. Pengarang menyuguhkan pengalaman seorang guru yang merasa tergugah dan sadar bahwa anak-anak dan remaja bisa “menyuguhkan mutiara” kepada orang-orang dewasa melalui kejujuran dan segala potensi. Buku ini juga memberikan banyak pengetahuan dan banyak memberikan pelajaran yang dapat dipetik dari kisah-kisah tersebut.
Dalam suhu pendidikan yang cenderung berkiblat pada semangat materialism di mana kepercayaan dan optimalisme layanan sikap yang menjunjung tinggi akhlak mulia semakin menipis. Buku ini bisa menjadi alternative yang diharapkan mampu mengusik kesadaran pentingnya menjaga nilai-nilai. Buku ini tidak menyampaikan nasihat yang menggurui,tetapi menyuguhkan peristiwa keseharian yang dekat dengan pembaca.
Dalam buku ini terdiri dari beberapa judul kisah-kisah yang dapat diulas mengenai pelajaran yang dapat kita petik. Ulasannya yaitu :
1.     Ketinggalan Tempat Nasi
Memberikan pelajaran tentang tanggung jawab yang dimulai dari hal kecil,selainitu juga sulitnya mendapatkan kepercayaan dan menjaga sebuah kepercayaan yang dimiliki.
2.     Rok Pendek Mama
Mengajarkan kita untuk tidak memutuskan sesuatu yang terjadi,sebelum itu kita harus mendengarkan penjelasan dr orang yang terkait.
3.     Guard Takut Caci Maki
Mengajarkan kita untuk tidak menghina orang lain,selain itu juga kita harus bisa bersikap sportif dalam pertandingan.
4.     Tangis Di Kamar Mandi
Seorang siswa smp yang berniat membahagiakan mamanya,slh satunya dengan dapat diterima di sma yang dia inginkan,namun kenyataan berkata lain.
5.     100 atau Jujur
Pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah ini yaitu mau berkata jujur apa adanya,meskipun harus menerima konsekuensinya.
6.     Kita Tak Pernah Shalat
Dalam kisah ini kita diberi pembelajaran dalam hidup tentang tidak boleh berbohong dengan siapapun,apalagi menyangkut dalam keagamaan.
7.     Mengamuk Tak Selamanya Buruk
Seorang ank kls 7 mengamuk karena ia merasa dirinya blm bias mendapatkan suatu hal yang maksimal. Ternyata mengamuk memang tak selamanya buruk,contohnya yang terjadi pada ank tersebut. Dengan ia mengamuk krna tidak lolos lomba,panitia akan mengecek ulang hasil seleksi tes ank tersebut,dan ternyata anak tersebut lolos lomba.
8.     Selamat Pagi,Ayesha
Pelajaran yang dpt diambil adalah selalu mengucapkan salam dengan siapapun,apalagi di pagi hari dengan orang sekitar,agar mereka juga memiliki semangat layaknya mentari pagi.
9.     Bapak Bau Ketek !
Kisah ini memberi pelajaran dalam kehidupan tentang jangan sombong akkan pujian yang diterima,selain itu kita juga harus bisa menutupi aib kita dari siapapun.
10. Saya Ingin Sesukses Papa
Seorang ank yang hidupnya berkecukupan,selalu bersikap sederhada,tidak ingin menunjukkan bahwa ia dari kalangan orang berada. Karena ia tahu dulu keluarganya sesusah apa sebelum jadi seperti sekarang. Ia ingin menjadi sekuat,sehebat,dan sesukses papanya.
11.  Kami Mau Mengganti Tape yang Rusak
Pelajaran yang dapat dipetik dari kisah ini adalah kita sebagai manusia harus berani bertanggung jawab dimana pun kita berada jika kita melakukan kesalahan. Selain itu,kita juga jangan terburu-buru menyimpulkan apa yang belum tentu akan kebenarannya.
12.   Menyumbang Untuk Kartika
Pelajaran yang dapat kita ambil adalah jangan mudah tersinggung,selain itu kita juga harus mengerti akan keadaan. Membantu teman yang berkesusahan juga hal yang dapat kita teladani.
13. Handphone Bapak yang Bunyi
Pelajaran yang dapat dipetik adalah jangan mengaktifkan hp disaat sedang pembelajaran. Selain itu,jika kita ingin menerapkan peraturan kita juga harus memikirkan konsekuensinya terlebih dahulu.
14.  Dikalahkan Anak TK
Hal yang dapat kita teladani dari kisah ini adalah berfikir secara kritis dalam pengambilan keputusan. Selain itu,kita tidak boleh egois,jangan seenaknya dalam memberikan keputusan,kita harus mendengarkan atau menghargai pendapat orang lain.
15.  Handphone Saya yang Bunyi
Dari kisah ini,pelajaran yang dapat dipetik yaitu mau berkata jujur,meskipun ia salah. Selain jujur,kita harus berani dalam hal kebenaran.
16.   Bedanya Jujur dan Punya Integritas
Pelajaran yang di dapat tentang sikap jujur mengenai integritas yang dimiliki karena tanggung jawab tidak sesuai dengan kenyataan.
17.  Nggak Apa-Apa Kalah,Main Lo Bagus!
Pelajaran yang dapat kita ambil yaitu biasakanlah berprasangka baik kepada siapapun. Dan,kita juga harus bias menghargai bagaimana perjuangan orang lain untuk kita,meskipun harus berujung dengan kekalahan.
18.  Orang Tua Saya Tak Perlu Hadir
Yang dapat kita ambil dari cerita ini adalah jangan membanding bandingkan kemampuan seseorang,karena setiap manusia memiliki kemampuannya masing masing. Selain itu,hargailah prestasi yang dimiliki anak,meskipun tidak lebih dari yang lain.
19.  Jangan Pulang Tepat Waktu
Pesan yang dapat diambil adalah tidak berburuk sangka dengan pesan yang disampaikan orang lain,belum tentu itu hal buruk,bias jadi itu hal yang perlu kita ketahui agar tidak salah dalam suatu hal.
20.  Dari Benci Jadi Rindu
Pesan yang dapat kita teladani  yaitu janganlah kita membenci sesuatu hal yang mendorong kita akan hal kebaikan. Jika kamu membenci maka suatu ketika kamu akan merindukan hal tersebut,yang belum tentu suatu hari nanti kamu temukan disekitarmu.
21.  Jangan Menghindari Masalah
Pelajaran yang dapat diambil adalah janganlah kita menghindari masalah yang ada,Karena itu semua dapat menumpuk masalah yang ada,tidak cepat selesai namun menjadi banyak.
22.  Dia Masih Penuh Kejutan
Pelajaran yang daapat diambil tentang kepribadian kita yang suatu ketika dapat berubah menjadi lebih baik. Selain itu juga mengembangkan prestasi-prestasi yang kita miliki.
23.  Bermain Bersama Adik
Pesan yang dapat disampaikan adalah sebaiknya kita menghargai pembicaraan dari orang lain. Berfikir secara logis.
24.   Surat Malam Tahun Baru
Memberikan pelajaran tentang manfaatkan usia dengan hal baik.
25.   Seni Tak Kenal Kata Salah
Pelajaran yang didapatkan mengenai segala sesuatu baik yang harus kita coba tanpa mengenal rasa takut. Contohnya dalam seni,kita bisa mengekspresikan semau kita. Jangan minder atau malu,semua butuh proses.
26.   Bir itu Punya saya
Hal yang dapat diteladani yaitu sebelum bertindak hendaklah berfikir dahulu,sebelum memikirkan hal yang buruk,maka cari tahulah seluk beluk hal yang sebenarnya terjadi.
27.  Belajar Dari Riani & Riana
Hal yang dapat diteladani adalah sikap dan perilaku riana dan riani. Dari riana kita belajar,agar tidak sombong dengan kemampuan yang dimiliki. Sedangkan dari riani,kita belajar tentang semua hal yang dapat kita syukuri,pekerja keras,dan siap menerima apapun dari usaha yang kita lakukan.
28.  Lari Disiang Bolong
Yang dapat kita teladani adalah rasa senasib dan sepenanggungan,yang harus kita miliki jika kita berada dalam suatu kelompk atau dalam keluarga.
29.   Kebutuhan Nurani
Hal yang dapat diambil dari cerita ini tentang memprioritaskan panggilan nurani diatas segalanya.

Jadi itulah ulasan sedikit pelajaran yang dapat kita petik dalam buku berjudul “Menghimpun yang Bergerak (Kumpulan Kisah Siswa Cerdas dari Seorang Guru Pembelajar)”.

KELEBIHAN BUKU :
            Kelebihan yang dimiliki  buku ini dimulai dari judulnya yang bagi saya sangat menarik perhatian pembaca,selain itu isi dari buku ini menarik dan sangat bermanfaat bagi pembaca. Buku ini tidak hanya bentuk cerita semua,namun ada sisipan gambar-gambar yang lucu yang dapat membuat pembaca lebih tertarik untuk membacanya. Kisah-kisahnya disuguhkan dalam bentuk cerita,memudahkan nilai nilai yang disampaikan mudah menyusup ke sanubari pembaca.

KEKURANGAN BUKU :
            Sayangnya cover dari buku ini kurang menarik,jadi mungkin orang jika melihat covernya jadi malas membacanya. Selain itu,ketikan atau pencetakan buku ini kurang bagus, karena banyak huruf yang terdobel membuat bacaannya sulit terbaca dengan baik.

Jadi saran saya buku ini sangat cocok untuk dibaca,karena terdapat pesan yang bermanfaat dalam isi buku tersebut.

 SUMBER : Buku berjudul "Menghimpun yang Berserak (Kumpulan Kisah Siswa Cerdas dari Seorang Guru Pembelajar)"

Backlink :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar